0 Komentar

Menysukuri nikmat Allah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah kita menginfakkan harta benda kita kepada orang-orang yang membutuhkan. Salah satunya adalah menyantuni anak yatim. Nah pada postingan kali ini saya akan berikan contoh pidato tentang santunan anak yatim yang bisa sobat bacakan pada acara yang dimaksud. Dibawah ini contoh pidato singkat tentang santunan anak yatim.

Contoh Pidato Santunan Anak Yatim

Contoh Pidato Santunan Anak Yatim

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ الَّذِى جَعَلْنَا مِنَ النَّاصِحِيْنَ، وَأَفْهَمْنَا مِنْ عُلُوْمِ الْعُلَمَاءِ الرَّشِخِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مَنْ نَسَخَ دِيْنُهُ أَدْيَانَ الْكَفَرَةِ وَالطَّالِحِيْنَ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ كَانُوْا بِتَمَسُّكِ شَرِيْعَتِهِ صَالِحِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ.

Bapak Ibu dan hadirin yang dirahmati Allah

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang selalu melimpahkan nikmat kepada kita, sehingga sampai saat ini kita masih diberikan kenikmatan kesehatan. Alhamdulillah

Sholawat dan salam, semoga selalu tercurah kepada nabi Muhammad SAW yang senantiasa kita nantikan pertolongan atau syafaatnya besok di hari akhir. Semoga kita semua yang hadir di sini akan mendapatkan syafaat beliau amin yarobbal 'alamin.

Hadirin yang berbahagia

Pada kesempatan ini, saya akan menyamapaikan sedikit pidato dengan tema anak yatim. Dalam kehidupan di dunia ini adalah sementara, yang tadinya tidak ada kemudian ada, yang sekarang ada suatu saat akan tiada alias meninggal dunia.

Hadirin tahu anak yatim? Pernah liat anak yatim? Sudah pasti tahu. Disekelilng kita, di lingkungan kita mungkin bisa kita jumpai anak yatim. Apa itu anak yatim? Yaitu anak yang ditinggal mati oleh seorang ayahnya dan anak tersebut belum berusia baligh.

Islam mengajarkan kasih sayang, kasih sayang kepada sesama, kasih sayang kepada alam, kasih sayang kepada lainnya. Kasih sayang kepada manusia sudah pasti snagat diharuskan. Lebih-lebih kasih sayang kepada anak yatim.

Hadirin yang dirahmati Allah

Pada tanggal 10 Muharram ini biasanya umat Islam merayakan tradisi untuk memberikan santunankepada anak yatim dengan memberikan hadiah atau sumbangan kepada mereka. Hal ini tentu sangat baik, karena dengan adanya sumbangan yang kita berikan kepada anak-anak yang membutuhkan itu mereka tentu akan lebih senang.

Nabi bersabda :

أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَا »  وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما شيئاً

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.

Dari hadis tersebut diatas sangat jelas, bahwa nabi Muhammad sangat menyayangi anak yatim dan mengajak umatnya seperti beliau dengan, sampai-sampai didalam hadisnya beliau mengatakan bagi siapa yang menanggung, menyayangi anak yatim disyurga kelak akan berdekatan dengan beliau.

Hadirin yang saya hormati

Memberikan santunan kepada anak yatim tentu banyak pahalanya, dengan catatatn kita harus tulus ikhlas. Karena semua amal yang kita lakukan itu harus dilandasi dengan rasa ikhlas. Semoga dengan adanya acara santunan anak yatim ini bisa menjadikan diri ini lebih mensyukuri nikmat yang Allah berikan. Karena setiap kita mensyukuri nikmat Allah maka nikmat kita akan ditambah.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Santunan Anak Yatim



Lihat Contoh Postingan Lain :

Post a Comment

 
Top