0 Komentar

G30S PKI atau gerkaan yang dilancarkan oleh segerombol orang-orang PKI yang akan mengganti ideologi bangsa Indonesia dengan paham komunis ini mendapat tentangan dari berbagai penjuru. Pada gerakan ini menjadikan beberapa pahlawan kita gugur akibat dibunuh oleh mereka.

Pada postingan ini saya akan berbagi contoh pidato tentang peristiwa G30S atau PKI yang bisa sobat unduh pada link di bawah. Contoh pidato singkat ini semoga bisa mengingatkan kita kepada sejarah bangsa Indonesia dari godaan paham komunisme. Berikut ini Contoh Pidato Tentang Peristiwa Penumpasan G30S PKI.

Contoh Pidato Tentang Peristiwa Penumpasan G30S PKI

Contoh Pidato Tentang Peristiwa Penumpasan G30S PKI

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

الحمد لله الذي أَنْعَمَ عَلَيْنَا وَهَدَانَا إِلَى دِينِ الأِ سْلاَمِ وَ جَعَلَ رَمَضَانَ شَهْرًا مُبَارَكًا وَرَحْمَةً لِلنَّاسِ وَاشْكُرُونِعْمَةَ اللهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُون وَ لَعَلّكُمْ تَتَّقُون. الَلّهُمّ صَلّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِْدِ المُرْسَلِينَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِينَ

Hadirin sekalian yang saya hormati

Puji syukur atas kehadirat Allah yang senantiasa selalu memberikan kenikmatan, kebaikan kepada kita semua, sehingga pada kesempatan ini kita bisa berjumpa bersama dalam keadaan yang baik, dalam keadaan sehat di acara (..................)

Sholawat dan salam, selalu kita limpahkan kepada nabi Muhammad SAW yang kita tunggu-tunggu syafaatnya besok di hari akhir. Amin.

Hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan ini tepat pada tanggal 30 September saya akan menyamapaikan pidato singkat tentang peristiwa G30S atau yang sering disebut dengan PKI.

Sebagai rakyat Indonesia, hadirin sekalian pasti sudah tahu, peristiwa yang sangat mengerikan dan sangat bersejarah bagi Indonesia, yaitu pemberontakan PKI. Peristiwa yang tidak boleh dilupakan oleh generasi muda Indonesia untuk selalu membentengi diri, membentengi bangsa kita dari pengaruh-pengaruh kerusakan, kekacauan, dan juga pengaruh paham komunisme.

Peristiwa G30S atau PKI ini kini telah dibuatkan sebuah film yang bertujuan untuk mengingatkan kepada generasi penerus bahwa perjuangan para pahlawan itu tidak mudah, perjuangan para pahlawan itu benar-benar menaruhkan nyawa, buktinya banyak pahlawan yang meninggal dalam penumpasan peristiwa pemberontakan PKI ini. Pahlawan yang gugur dalam peristiwa itu kini diberikan gelar pahlawan Revolusi. Diantara pahlawan yang diberi gelar pahlawan Revolusi Indonesia adalah :

Jenderal (anm.) Ahmad Yani
Letnan Jenderal (anm.) R. Suprapto
Letnan Jenderal (anm.) M.T. Haryono
Letnan Jenderal (anm.) S. Parman
Mayor Jenderal (anm.) D.I. Pandjaitan
Mayor Jenderal (anm.) Sutoyo Siswomiharjo
Kapten (anm.) Pierre Tendean

Hadirin yang saya hormati

Sebagai warga Indonesia harus senantiasa menanamkan jiwa nasionalisme, senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, berterima kasih kepada para pahlawan. Karena negara ini merdeka tidak semudah mengembalikkan telapak tangan. Butuh beribu nyawa untuk memerdekaan bangsa ini.

Maka dari itu, kita harus bisa meniru jiwa semangat para pahlawan dengan memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa Indonesia sesuai dengan profesinya masing-masing.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Tentang Peristiwa Penumpasan G30S PKI


Post a Comment

 
Top