0 Komentar

Mengucapkan dua kalimat syahadat merupakan salah satu rukun Islam. Dengan ikrarnya kalimat tersebut menunjukkan bahwa seseorang telah mengakui bahwa Allah adalah sang pencipta sebagi Tuhan semesta alam dan mengimani bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah yang menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya.

Pada postingan ini akan saya berikan contoh pidato agama Islam tentang keteguhan iman. Contoh teks pidato Islami ini bisa disampaikan oleh siapapun. Dengan isi yang cukup singkat ini sobat bisa menambahkan materi atau dalil lain yang masih satu tema dengan isi pidato tentang Iman. Berikut ini Contoh Pidato Agama Islam (Meneguhkan Iman).


Contoh Pidato Agama Islam (Meneguhkan Iman)

Contoh Pidato Agama Islam (Meneguhkan Iman)



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ لله أَخْرَجَ النَّاسَ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدَنِ السَّائِقِ إِلَى النَّجَاةِ مِنَ الْجُوْرِ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ.

Bapak Ibu hadirin sekalian yang dirahmati Allah

Rasa syukur yang harus selalu kita ucapkan kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan kepada kita, sehingga kita masih bisa menikmati kehidupan dunia, kita masih bisa menikmati kesehatan dan nikmat indahnya Islam.

Sholawat dan salam semoga tercurah kepada baginda nabi Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaat pertolongannya besok di hari akhir. Amin

Hadirin Rohimakumullah

Pada kesempatan kali ini saya akan berpidato tentang keimanan.

Berbicara tentang iman, kita harus mengerti terlebih dahulu pengertian dari iman. Apa itu iman? tentu kita sudah mengerti artinya, yaitu percaya. Percaya terhadap Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam tiada lain, dan percaya bahwa nabi Muhammad adalah utusannya. Namun hakikat keimanan seseorang tidak hanya dari percaya saja namun kita dituntut untuk menjalankan syariat-syariat Islam. Yang tercantum dalam rukun Islam. Seperti Sholat, Puasa, Zakat, dan lain sebagainya.

Hadirin yang saya hormati

Tanda-tanda orang yang beriman adalah taat dan bertaqwa, taat terhadap aturannya dan selalu bertaqwa dimanapun berada. Hatinya akan bergetar jika disebutkan kalimat Allah. Jika dibacakan tanda-tanda kebesarannya maka keimanan dalam hatinya akan semakin kuat. Itulah salah satu ciri dari keimanan yang sempurna.

Keimanan seseorang bisa kuat dan bisa lemah, agar keimanan kita tetap teguh maka harus ditopang dengan ibadah dan amal kebaikan, sebab dengan amal dan ibadah maka akan mencegah kita dari perbuatan maksiat yang akan merusak keteguhan iman kita.

Hadirin wal hadirot rohimakumullah

Tidak sedikit orang yang imannya rontok,dan menjadi murtad, hal ini dikarenakan dangkalnya ilmu agama dan lemahnya iman kita. Terkadang mereka tergiur oleh kemewahan dunia sesaat sehingga mereka merelakan keluar dari agama Islam. Naudzubillah mindzalik.

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 217

وَمَن يَرْتَدِدْ مِنكُمْ عَن دِينِهِۦ فَيَمُتْ وَهُوَ كَافِرٌ فَأُو۟لٰٓئِكَ حَبِطَتْ أَعْمٰلُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ ۖ وَأُو۟لٰٓئِكَ أَصْحٰبُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خٰلِدُونَ :٢١٧

Artinya : 

... Barangsiapa yang murtad di antara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya. (Q.S. Al-Baqarah 217)

Hadirin yang berbahagia

Dari ayat diatas bisa kita simpulkan bahwa orang yang keluar dari agama Islam berarti mereka telah menginjak prinsipnya, telah berkhianat dengan ikrar janjinya. Jika orang yang murtad meninggal dunia maka segala perbuatan baiknya tidak diperhitungkan oleh Allah SWT. Mereka mati dalam keadaan suul khatimah.

Mudah - mudahan kita semua tetap dalam lindungan Allah dari segala godaan yang menyebabkan murtadnya iman, dan semoga kita mati dalam keadaan khusnul khatimah. Amin yarobbal alamin.

Hadirin yang saya hormati

Selengkapnya :

Contoh Pidato Agama Islam (Meneguhkan Iman)


Demikianlah Contoh Pidato Agama Islam (Meneguhkan Iman), semoga bermanfaat.



Post a Comment

 
Top