0 Komentar

Sabar merupakan sifat menahan diri dari emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sifat sabar harus dimiliki manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Karena sifat sabar ini merupakan salah satu sifat mahmudah yang sangat dianjurkan oleh Rosulullah.

Nah pada postingan ini akan saya berikan contoh teks pidato atau ceramah tentang sabar. Bagi anda yang sedang mencari referensi contoh pidato tentang sabar bisa melihat pada postingan ini. Berikut ini Contoh Teks Pidato Tentang Sabar.

Contoh Teks Pidato Tentang Sabar

Contoh Teks Pidato Tentang Sabar

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْعَزِيْزِ الْغَفُوْرِ، اَلَّذِيْ جَعَلَ فِي اْلإِسْلاَمِ الْحَنِيْفِ الْهُدَي وَالنُّوْرِ، اَللَّهُمَّ صَلِّيْ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَاتِمِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمَرْسَلِيْنَ وَعَلَي آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ وَأَصْحَابِهِ اْلأَخْيَارِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ.

Alhamdulillahirobbil'alamin, atas berkat rahmat Allah SWT kita masih bisa dipertemukan dalam keadaan sehat wal afiat di tempat yang insyaallah penuh barokah ini.

Selanjutnay sholawat dan salam semoga selalu terlimpahkan kepada panutan kita nabi akhir zaman nabi Muhammad SAW yang selalu dinantikan sayafaatnya besok di yaumil akhir. Amin yarobbal'alamin.

Hadirin yang saya hormati

Seorang muslim harus memiliki sifat kenabian, yaitu sifat baik atau akhlakul karimah. Salah satu sifat kenabian adalah sifat yang sabar. Karena sabar merupakan salah satu sifat yang sulit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sifat sabar merupakan cerminan dari orang yang beriman. Rosulullah SAW bersabda "Sabar dalah cahaya" cahaya yang datangya dari hidayah Allah untuk melakukan kesabaran dalam berbagai hal, sehingga orang yang mendapatkan cahaya hidayah dari Allah maka akan selalu mengingatnya dan menjalankan ajarannya. Bersabar akan mendorong jiwa untuk berperilaku baik dan akan menjauhi dari maksiat.

Hadirin yang dirahmati Allah

Untuk mengukur kadar keimanan dan kesabaran hambanya, Allah memberikan ucian dan cobaan bagi hamnya. Semua manusia pasti akan mendapatkan ucian dan cobaan dari Allah, yang membedakan adalah besar dan kecilnya saja, serta bagaimana seseorang itu menerima ucian dan cobaan dari Allah sebagai sang pencipta.

Ujian itu berupa keikmatan, harta benda yang berlebihan, itu merupakan contoh ujian dari Allah SWT. Bagaimana seseorang menerima ujian tersebut. Jika seseorang tidak ingat kepadaNya maka akan timbul kufurlah dengan membanggakan dirinya sendiri, bahwa semua harta bendan tersebut merupakan hasil kerja kerasnya. Tidak tahu bahwa ada yang memberinya yaitu Allah SWT.

Sekarang cobaan. Cobaan biasanya berupa hal yang tidak mengenakkan, mislanya saja musibah, kekurangan ekonomi, dan lain sebagainya. Hal ini kita dituntut untuk lebih bersabar dan bertaqwa kepada Allah. Karena sejatinya yang memberikan cobaan itu Allah SWT untuk mengetes tingkat keimanan dan kesabaran hambanya.

Hadirin yang berbahagia

Menurut Imam Al Ghazali kadar kesabaran itu bertingkat. Yang pertama adalah sabar dalam menahan diri dar perbuatan buruk. Yang kedua, sabar dalam menjalankan kewajiban yakni perintah Allah SWT. Yang ketiga, sabar dalam membela kebenaran, menjaga naba baik, menjaga kemaslahatan keluarga, dirinya dan bangsa, yang terakhir adalah Sabar dalam bentuk kehidupan dunia.


Selengkapnya :

Contoh Teks Pidato Tentang Sabar


Demikianlah Contoh Teks Pidato Tentang Sabar, semoga bermanfaat.


Lihat Contoh Teks Pidato Lain :



Post a Comment

 
Top