0 Komentar
MasRoziq - Contoh Pidato Kemuliaan Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan ke sembilan dalam tahun Hijriyah, bulan suci penuh mulia ini terkandung sebuah perintah untuk umat muslim, yaitu menunaikan ibadah Puasa Ramadhan.

Kurang lebih tiga puluh hari, kita semua umat Islam melakukan ibadah puasa. Ibadah puasa ini diwajibkan atas umat islam yang sudah memenuhi syarat rukun dan sudah berkewajiban menjalankan puasa. 

Bulan suci penuh berkah ini sangat ditunggu-tunggu kahadirannya oleh seluruh umat manusia. Dengan adanya puasa ramadhan ini semoga bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT. Pada bulan ini biasanya banyak pengajian, kajian, dan ceramah agam yang berkumandang dimasjid-masjid, mushola, majlis ta'lim, bahkan sampai disekolah-sekolah atau yang sering kita sebut Peslat atau pesantren kilat.

Contoh Pidato Kemuliaan Puasa Ramadhan

Contoh Pidato Kemuliaan Puasa Ramadhan

Nah bagi siswa atu siswi yang ditunjuk untuk memberikan ceramah agama pada bulan Ramadhan ini bisa meniru atau mencontoh Pidato Kemuliaan Puasa Ramadhan berikut ini.



Pidato Kemuliaan Puasa Ramadhan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobbil’alamin, wassholatuwassalamu’ala asyrofil ambiyai wal mursalin, sayyidina wamaulana muhammadin, wa’ala alihi wa ash habihi ajmain.

Hadirin yang saya hormati.

Dalam kesempatan yang sangat baik ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Dimana selama ini kita diberi nikmat berupa kesehatan dan usia hingga saat ini sehingga kita dapat berkumpul dalam acara menyambut kedatangan bulan suci ramadhan.
Hadirin yang berbahagia.

Pidato yang akan saya sampaikan ini menerangkan keutamaan berpuasa bulan Ramadhan. Kita semua tahu bawa kita diwajibkan berpuasa di bulan suci Ramadhan seperti juga telah diwajibkan kepada orang-orang yang sebelum kita sekalian. Sebagai mana firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 113 yang artinya sebagai berikut:

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan berpuasa atas kalian sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, supaya kalian menjadi orang yang bertaqwa”( QS. Al-Baqarah : 113 ).

Ayat tersebut memberikan pengertian kepada kita bahwa kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan itu bukan kepada kita saja, tetapi sejak umat-umat sebelum kita atau umat Nabi Muhammad SAW. Adapun latarbelakang berpuasa itu adalah mencetak manusia agar menjadi taqwa kepada Allah bagaimana tidak, berpuasa itu yang bisa mengetahui hanyalah Allah dan dirinya sendiri. Disamping itu berpuasa itu meninggalkan perkara yang sebelumnya diperbolehkan seperti makan, minum, bersetubuh dengan istri dan lain sebagainya yang semuanya itu apabila tidak berpuasa diperbolehkan, tapi apabila berpuasa maka hukumnya haram dan membatalkan puasa. Karena taat kepada perintah Allah sekalipun hal tersebut adalah halal. Kita harus mencegahnya karena semata-mata taat dan takut kepada Allah serta mengharap ridha-Nya.


Selengkapnya

Unduh Contoh Pidato Kemuliaan Puasa Ramadhan


Demikianlah Contoh Pidato Kemuliaan Puasa Ramadhan, semoga bermanfaat.





Lihat Contoh Pidato Lain :



Contoh Pidato Puasa Ramadhan

Contoh Pidato Halal Bihalal

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah

Post a Comment

 
Top