0 Komentar

Malam lailatul qadar adalah malam yang snagat mulia yang terdapat pada bulan Ramadhan. Pada malam ini Allah SWT memberikan keistimewaan dengan melipat gandakan pahala bagi setiap orang yang beribadah pada malam tersebut.

Nah pada postingan ini, saya akan memberikan contoh teks kultum ramadhan tentang malam lailatul qadar. Contoh kultum ini sangat pas dibacakan pada acara peringatan nuzulul qur'an di masjid-masjid atau mushola. Bagi sahabat yang sednag mencari contoh kultum lailatul qadar bisa melihat pada postingan ini. Berikut ini Contoh Kultum Ramadhan (Lailatul Qadar).

Contoh Kultum Ramadhan (Lailatul Qadar)

Contoh Kultum Ramadhan (Lailatul Qadar)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ
اِنَّاۤ اَنۡزَلۡنٰهُ فِىۡ لَيۡلَةِ الۡقَدۡرِ

Bapak Ibu hadirin yang dimuliakan Allah

Puja dan puji syukur kita haturkan kepada Illahi robbi yang selalu memberikan kenikmatan kepada hambanya, baik nikmat kesehatan, lebih-lebih nikmat iman dan Islam. Sehingga pada saat ini kita bis aberjumpa dalam keadaan yang sangat baik. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada nabi Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafatanya besok di hari akhir.

Hadirin rohimakumullah

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan, bulan Ramadhan ini penuh dengan berbagai peristiwa dan perintah dari Allah SWT, seperti puasa ramadhan dan dianjurkannya selalu berlomba-lomba dalam kebaikan dan beribadah. Salah satu peristiwa sangat mulia adalah malam lailatul qodar.

Malam lailatul qadar adalah salah satu malam yang terdapat dalam bulan Ramadhan, yang mana malam ini lebih baik dari pada seribu bulan. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Qadar ayat 3.

لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِ ۙ خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ

Malam lailatul qadar lebih baik dari pada seribu bulan.

Hadirin yang dimuliakan Allah

Kapan datangnya malam lailatul qadar? tetapnya malam lailatul qadar tidak ada yang tahu, Allah SWT sengaja merahasiakan malam lailatul qadar, agar umat muslim selalu menjalankan ibadah dengan sungguh-sunggu pada setiap malam bulan Ramadhan. Hanya saja ada beberapa tanda-tanda datangnya malam lailatul qadar. Seperti malamnya sangat tenang, suasana langitcerah, terdapat dalam malam yang ganjil.

Nabi Muhammad SAW memberi tahu kapan datangnya malam lailatul qadar, baginda nabi Muhammad hanya saja menjelaskan tanda-tandanya saja, seperti dalam hadisnya beliau yang berbunyi.


تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Carilah lailatul qadar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

Hadirin yang dirahmati Allah

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang bisa menjumpai malam lailatul qadar, dan kita bisa melaksanakan berbagai amalan ibadah yang terbaik pada malam tersebut, karena kita tahu pahala ibadah seseorang pada malam itu akan dilipatgandakan seperti malam seribu bulan.

Hadirin yang saya hormati

Selengkapnya :

Contoh Kultum Ramadhan (Lailatul Qadar)


Demikianlah Contoh Kultum Ramadhan (Lailatul Qadar), semoga bermanfaat.



Post a Comment

 
Top