0 Komentar

Pidato kemerdekaan Indonesia selalu dibacakan pada acara peringatan perayaan HUT RI. Peringatan kemerdekaan atau yang sering disebut Agustusan ini bertujuan untuk mengingat kemerdekaan Indonesia pada kala itu dengan semangat perjuangan, disamping itu juga mengingatkan kepada para generasi muda akan sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh pidato kemerdekaan 17 Agustus. Contoh pidato pada postingan ini bisa sobat bacakan pada acara peringatan HUT RI. Isi dari naskah pidato kemerdekaan ini saya rasa cukup singkat saya dengan bahsa yang mudah dipahami. Berikut ini Pidato Kemerdekaan Singkat (17 Agustus).

Pidato Kemerdekaan Singkat (17 Agustus)

Pidato Kemerdekaan Singkat (17 Agustus)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ للهِ الْبَدِيْعِ الْهَادِى إِلَى بَيَانِ مَهْيَعِ الرَّشَادِ. أَمَّا بَعْدُ.

Hadirin yang saya hormati

Puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala karunianya kepada kita, sehingga pada kesempatan ini kita bisa saling bertatap muka dalam keadaan sehat di acara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 di tahun ini atau yang sering kita sebut peringatan 17 Agustusan.

Sholawat dan salam semoga tetap tecurah kepada baginda nabi Muhammad SAW yang selalu dinantikan syafaat oleh umatnya yang selalu meneladani akhlak dan mengikuti ajaran beliau. Semoga kita semua orang yang mendapatkan pertolongan beliau besok di hari akhir. Amin.

Hadirin yang berbahagia

Rasa bangga dan bersyukur patut kita junjung tinggi di hari ini, karena pada 17 Agustus ini bangsa Indonesia telah meraih kemerdekaan yang ke 73. Bukan dari siapa-siapa kalau bukan berkat Tuhan yang maha esa dan didorong oleh keinginan luhur para pejuang kemerdekaan pada kala itu Indonesia tak akan bisa merdeka. Jiwa nasionalis, jiwa pembela, jiwa semangat sellau tertanam pada para pejuang kemerdekaan yang rela mati demi merdekanya bangsa Indonesia tercinta ini.

Mengingat perjuangan para tokoh leluhur kita pada saat itu rasanya sangat sedih, bayangkan, para pejuang kita pagi, siang, malam selalu berhadapan dengan penjajah yang membabi buta memporak porandakan rakyat Indonesia demi menguasai negara yang subur makmur ini.

Dengan panjangnya perjuanagn rakyat Indonesia melawan penjajah, baru tanggal 17 Agustus tahun 1945 Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Dan kini setiap tanggal 17 Agustus kita peringati sebagai HUT Republik Indonesia.

Hadirin yang saya hormati

Dengan kemerdekaan yang telah dicapai, maka kehidupan pun tidak seperti dulu lagi. Tugas kita selanjutnya adlah mengisi kemerdekaan dengan baik. Kita sebagai rakyat harus bisa mensyukuri dan menjaga arti kemerdekaan Indonesia ini sesuai dengan profesi dan tugas kita masing-masing. Selalu menjaga kerukunan umat beragama, menjaga kerukaunan antar ras, suku dan golongan agar terhindar dari pertikaian yang menyebabkan perpecahan antar warga. Karena pada dasarnya Indonesia terdiri dari keberagaman suku, ras, dan agama yang menjadi kesatuan republik Indonesia.

Selengkapnya :

Pidato Kemerdekaan Singkat (17 Agustus)


Demikianlah Pidato Kemerdekaan Singkat (17 Agustus), semoga bermanfaat.



Lihat Contoh Pidato Lain :


Post a Comment

 
Top