1 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Tentang Bhineka Tunggal Ika (Singkat)

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang garuda Indonesia. Semboyan ini mencerminkan bahwa bangsa Indonesia yang terdiri dari beribu pulau, adat dan suku, sehingga dengan semboyan tersebut diharapkan warga Indonesia bisa bersatu.

Nah pada postingan ini, saya akan berbagi naskah pidato tentang bhineka tunggal ika. Contoh pidato nasionalis ini cukup singkat dan mudah dipahami. Bagi sahabat yang sedang mencari contoh pidato tentang bhineka bisa melihat pada postingan ini. Berikut ini Contoh Pidato Tentang Bhinneka Tunggal Ika (Singkat).

Contoh Pidato Tentang Bhinneka Tunggal Ika (Singkat)

Contoh Pidato Tentang Bhineka Tunggal Ika (Singkat)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru
Yang saya cintai dan saya banggakan teman-temanku semuanya

Marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang maha esa, atas berkat limpahan rahmatnya kita masih diberikan kenikmatan dan bis aberkumpul di ruangan ini dalam keadaan yang baik dan sehat.

Sholawat dan salam mari kita haturkan kepada Rosulullah SAW dan kita semoga mendapatkan syafaatnya besok di hari akhir. Amin.

Hadirin yang saya hormati

Kita adalah warga negara Indonesia, nenek moyang kita juga orang Indonesia. Maka dari itu kita harus memiliki jiwa nasionalis dan jiwa selalu cinta Indoneisa.

Negara Indonesia termasuk negara besar yang ada di dunia. Negara yang memiliki beribu pulai dari sabang sampai merauke ini juga memiliki berbagai macam budaya, suku dan agama yang berbeda-beda. Namun perbedaan tersebut tidaklha menjadikan Indonesia berpecah belah, sesuai dengan semboyannya Bhinneka Tunggal Ika, walaupun berbeda-beda tetapi tetap bersatu. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika terdapat dalam lambang garuda tepatnya pada pita yang dicengkeram oleh burung garuda.

Hadirin yang berbahagia

Meskipun dilatar belakangi perbedaan, kita tidak ingin negara Indonesia teepecah belah. Hal ini kita harus bercermain pada kemerdekaan Indonesia. Bagaimana negara Indonesia bisa meraih kemerdekaan? jawabannya adalah karena mereka bersatu atas nama bangsa Indonesia. Nah kita sebagai geneari penerus, sebagai pelajar juga tentu tidak ingin terjadi perpecahan diantara kita. Sebagai pelajar tentunya kita bisa mennjjukan sikap dan sifat persatuan dan kesatuan. Misalnya dalam pergaulan di sekolah, ada berbagai teman yang tidak sama dalam agama, dalam adat dan kebiasaan tentu kita harus bisa saling menghormati.

Bagaimana kita bis amenerapkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika? Misalnya dilingkungan masyarakat, kita jumpai orang yang berbeda agama dan suku, kita harus selalu menghormati dan tidak menjelek-jelekkannya. 

Oleh karena itu, mari kita selalu junjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan demi majunya bangsa dan utuhnya bangsa Indonesia sampai di masa yang akan datang.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Tentang Bhinneka Tunggal Ika (Singkat)


Demikianlah Contoh Pidato Tentang Bhinneka Tunggal Ika (Singkat), semoga bermanfaat.



Lihat Contoh Pidato Lain :


Contoh Pidato Tentang Meraih Cita-Cita (Singkat)

Contoh Pidato Bela Negara (Singkat)

Contoh Pidato Krisis Air Bersih

Post a Comment

 
Top