0 Komentar

Contoh Pidato Menyantuni Anak Yatim di Bulan Ramadhan

Contoh Pidato Menyantuni Anak Yatim di Bulan Ramadhan


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ

Bapak Ibu hadirin yang dimuliakan Allah

Puji dan syukur kita haturkan kepada Allah SWT, yang selalu memberikan kenikmatan kepada kita semua. Sholawat serta salam marikita haturkan kepada baginda nabiyullah Muhammad SAW yang sennatiasa kita nantikan pertolongan syafaatnya besok di hari akhir.

Hadirin yang dirahmati Allah

Pada bulan yang penuh berkah ini kita masih menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Bulan rahmat dan penuh ampunan ini mari kita gunakan sebagik-baiknya untuk melakukan amal kebaikan. Karena amal yang kita lakukan pada bulan ini akan dilipat gandakan.

Banyak amalan, ibadah yang dianjurkan dalam bulan suci ini, seperti sholat terawih, tadarus Al-Qur'an, sedekah dan berbagi kepada sesama dan orang yang membutuhkan. 

Hadirin yang dirahmati Allah

Seperti hadis nabi :


عَنْ سَهْلٍ بْنِ سَعْدٍ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا ، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا

Dari Sahl bin Sa’ad r.a berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya serta merenggangkan keduanya.”

Sangatlah dianjurkan kita menyantuni, menyayangi anak yatim. Lebih-lebih pada bulan Ramadhan ini. Mari kita sisihkan harta untuk mengurangi beban mereka yang snagat membutuhkan. Karena pahala orang yang memberi sedekah kepada anak yatim sungguh luar bias. Sampai-sampai nabi Muhammad mengisaratkan kelak disurga akan berdampingan.

Tak harus banyak ketika kita memberi, semampu kita untuk memberi kepada orang yang membutuhkan dan harus didasari hati yang ikhlas bukan riya atau pamer.

Hadirin yang saya hormati

Sedekah sepertinya harta kita akan berkurang, namun sejatinya dibalik harta yang kita lihat itu berkurang adalah bertambah, bertambah kebaikan dan insyaallah akan bertambah dengan seizin Allah. Karena Allah telah berjanji barang siapa yang bersedekah maka akan diganti dengan  yang lebih banyak.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Menyantuni Anak Yatim di Bulan Ramadhan


Post a Comment

 
Top